Wisata Kuliner Bangka Yang Wajib DicicipiKepulauan Bangka Belitung adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang saat ini tengah membenahi diri sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Tempat wisata Bangka Belitung telah banyak dibuka dan semakin berkembang pesat.

Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan pembenahan untuk bisa mengoptimalkan keindahan sumber daya alamnya dalam sektor pariwisata. Selama ini, Bangka Belitung hanya mengandalkan sektor pertambangan atau industri timah. Baru kemudian beberapa tahun terakhir, Bangka Belitung mulai membangun sektor pariwisata dan berupaya menjadi salah satu destinasi terbaik.

Wisata Kuliner Bangka yang Khas dan Wajib untuk Dicicipi

mie koba makanan khas bangka
* sumber: www.visitbangkabelitung.com

Saat ini, berbagai tempat wisata Bangka Belitung telah banyak dikenal dan populer di kalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Yang juga tidak kalah populer adalah kuliner wisata Bangka Belitung. Kepulauan BaBel memiliki sejumlah makanan khas dengan rasa yang lezat yang hanya bisa ditemukan di Bangka Belitung.

Selain keindahan alamnya yang begitu populer di kalangan wisatawan, Wisata kuliner Bangka juga menjadi favorit dan banyak diburu oleh wisatawan. Para wisatawan hendak mencoba makanan khas yang ada di Bangka Belitung dan membawanya sebagai buah tangan.

Beberapa wisata kuliner Bangka Belitung yang khas dan wajib dicicipi antara lain:

Wisata Kuliner Bangka : Lakso

Makanan khas Bangka Belitung yang pertama adalah Lakso. Makanan khas Bangka Belitung ini sebagian besar berbahan dasar tepung beras. Makanan khas yang begitu lezat ini juga menggunakan bahan utama berupa tepung sagu dan santan kelapa. Lakso dilengkapi dengan kuah gangan, yaitu kuah santan dengan cita rasa ikan tenggiri yang cukup kuat. Selagi hangat, Lakso ini sangat lezat untuk disantap. Bagi yang berkunjung ke Bangka Belitung, wajib mencicipi makanan khas yang satu ini.

Wisata Kuliner Bangka : Snack Bangka

Wisata kuliner Bangka Belitung yang juga tidak kalah pentingnya dengan kuliner lain yang ada di pulau Bangka adalah snack Bangka, karena justru paling sering dijadikan oleh oleh Bangka. Snack Bangka cukup banyak jenisnya mulai dari keretek, kemplang, kerupuk, getas, dll yang mana hampir kebanyakan terbuat dari hasil laut seperti ikan, udang, cumi bahkan telur cumi. Yang membuat snack Bangka ini lebih disukai adalah karena rasa bahan utamanya sangat terasa.

Baca Juga : Paket Tour Bangka 2 Hari 1 Malam

Wisata Kuliner Bangka : Sambal Lingkung

Wisata kuliner Bangka Belitung memanglah syarat dengan ikan tenggiri sebagai salah satu hasil kekayaan lautnya. Makanan khas Bangka Belitung lainnya adalah Sambal Lingkung atau di Bangka sendiri biasa disebut dengan sembelingkung yang juga berbahan dasar ikan tenggiri yang diolah menjadi abon. Perbedaan antara Sambal Lingkung ( Abon ikan) dan Abon sapi adalah tekstur Sambal Lingkung sedikit lebih lembut dari pada Abon sapi.

Selain itu, Sambal Lingkung juga lebih memiliki rasa rempah-rempah yang khas serta pedas. Bahkan jika menghendaki Sambal Lingkung yang sangat pedas, ada juga Sambal Lingkung dengan level pedas yang cukup ‘nendang’. Sambal Lingkung sangat cocok dijadikan sebagai lauk utama atau ditaburkan ke makanan lain.

Wisata Kuliner Bangka : Mie Koba

Lagi-lagi dengan bahan dasar ikan tenggiri, Mie Soba menjadi salah satu makanan khas Kepulauan Bangka Belitung yang wajib dcicipi ketika berkunjung ke kepulauan ini. Mie Soba merupakan olahan mie kuah yang dilengkapi dengan potongan ikan tenggiri, telur, bawang goreng, seledri, serta bumbu halus dengan berbagai rempah-rempah untuk memperkaya cita rasa.

Perpaduan antara mie yang lembut, potongan ikan dan telur, serta kuah yang kaya akan rempah-rempah menghasilkan cita rasa yang sangat lezat. Mie Soba ini sangat cocok disantap ketika masih hangat. Taburan Sambal Lingkung yang pedas juga bisa dikombinasikan dengan Mie Soba, sehingga rasa menjadi lebih lezat.

Baca Juga : Paket Tour Bangka 3 Hari 2 Malam

Wisata Kuliner Bangka : Otak Otak Bangka

Kuliner wisata Bangka Belitung yang satu ini bisa dikatakan menjadi favorit siapa saja tidak kenal usia, Baik tua ataupun muda bahkan sampai anak – anak pasti suka dengan makanan yang ini. Otak Otak Bangka yang paling favorit adalah Otak Otak Daun. Adonan tepung yang dipadukan bumbu bumbu khusus dicampur dengan ikan tenggiri kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang menimbulkan aroma dan rasa yang khas dari makanan ini. Kemudian dipadukan menggunakan  Sambal terasi, tauco, atau cabe yang khas mampu “menghipnotis” para penikmatnya sehingga jika anda mencicipinya harap berhati hati karena tanpa Anda sadari Anda telah menghabiskan dalam porsi yang banyak.

Berbagai wisata kuliner Bangka Belitung tersebut merupakan makanan khas dan hanya bisa ditemui di Bangka Belitung. Sebagian besar makanan khas Bangka Belitung memang menggunakan bahan dasar ikan tenggiri, sebab ikan tenggiri menjadi salah satu hasil kekayaan laut di Bangka Belitung. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung, maka wajib mencicipi atau bahkan menjadikan salah satu makanan khas di atas sebagai buah tangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *